MEXT Story: Pre-Departure

Saturday, September 30, 2017

Selain aplikasi visa, tidak ada bahasan khusus untuk pre-departure preparation. Tapi, disini saya akan memberikan gambaran hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan dari Indonesia, in case cuma bisa bawa sedikit nominal uang untuk settlement allowance di Jepang, sebelum beasiswa cair (FYI: beasiswa cair di akhir bulan). 

Kapan dan bagaimana mengurus aplikasi Visa? 

Setelah mendapatkan Letter of Acceptance (scanned document-nya saja nggak papa, tapi tetap minta original document-nya dikirim ke Indonesia by EMS atau yang lain in case nanti ketika landing di Jepang akan ditanya oleh pihak imigrasi) kita bisa langsung mulai mengurus aplikasi visa. 
Syarat aplikasi visa untuk penerima MEXT agak berbeda daripada aplicant umum, tapi jelas jauh lebih mudah. Berikut check list dokumen yang harus dibawa:
  1. Formulir Aplikasi Visa (download di website kedutaan). Form diisi dan ditempel fot.
  2. Fotokopi Letter of Acceptance (LOA)
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Paspor (in case diminta, di sekitaran embassy susah cari fotokopian).
Disarankan untuk menelepon terlebih dahulu atau datang langsung ke bagian Pendidikan kedutaan/konsulat Jepang dan tanyakan prosedurnya. Nanti kita akan diberikan nomor khusus yang harus kita tulis dengan pensil di pojok kanan atas formulir aplikasi visa yang akan menjadi tanda kalau kita adalah penerima Japanese Government Scholarship. Setelah mendapat nomor tersebut, kita bisa langsung mendaftar visa di loket pendaftaran visa. There is no visa fee for Japanese Government Scholar alias 100% FREE. Good luck!
Apa saja yang harus dipersiapkan dari Indonesia?
Saya tidak bisa menjabarkan apa saja yang wajib dibawa dengan pasti, selain sekian nominal uang Yen untuk settlement allowance sebelum beasiswa cair. Pastinya akan berat memanage keuangan untuk settlement dan living cost pada bulan pertama sejak kedatangan. Berita baiknya, itu semua bisa kita atasi dengan mempersiapkan beberapa hal. 

Pertama, kita buat rincian biaya apa saja yang harus kita persiapkan untuk settlement. 
  1. Biaya rent apato/dorm. Kira-kira 25.000-60.000 Yen per bulan, sangat bervariasi tergantung tempat dan fasilitas. Beberapa universitas akan menganjurkan mahasiswa Internasional untuk tinggal selama 6 bulan sd 1 tahun pertama di Asrama Internasional dengan tarif bervariasi, dan biasanya MEXT Scholar akan diberikan slot kamar di dormitory dengan fasilitas paling bagus yang tentunya berkorelasi dengan tingginya biaya sewa. Kalau ada kendala dengan jumlah dana yang kita miliki untuk settlement, tanyakan kapan pembayaran dorm dilakukan. Beberapa dorm memberlakukan pembayaran sewa dan semua fasilitas( seperti listrik, gas, internet)  satu bulan (in my case, 2 months) setelah kita tinggal di dorm. Tentunya, ini agak sedikit melegakan. 
  2. Asuransi. Kebetulan kasus saya, asuransi akan dibayarkan kemudian setelah saya mendapatkan surat tagihan. Jadi masih memungkinkan dibayar setelah saya menerima beasiswa.
  3. Inkan, nanti banyak digunakan untuk seal dokumen-dokumen penting. Kira-kira butuh 500-1000 Yen.
Lalu, apa saja yang bisa ditekan anggarannya? Atau minimal ada penundaan atau kelonggaran pembayaran.
  1. Makan. Biaya ini bisa ditekan dengan membawa perbekalan yang cukup, seperti mie, lauk kering (abon, serundeng, dll), sedikit beras (kira-kira 2-3 Kg), teh celup, kopi instan, cokelat instan, gula pasir, sambal/saos, kecap. 
  2. Rice Cooker. Lebih baik beli bekas di Jepang atau cari warisan dari teman-teman PPI yang akan pulang ke Indonesia. Untuk membawa dari Indonesia sangat tidak disarankan, karena Voltage Indonesia berbeda dengan Jepang. Indonesia menggunakan 200 V sedangkan Jepang 100 V, kalaupun bisa digunakan dengan universal plug adaptor, proses masaknya akan lama sekali.
  3. Perlengkapan mandi dan mencuci. Bisa membawa minimal satu set dari Indonesia, meskipun di Jepang juga tersedia, tapi harganya relatif lebih mahal. Dengan membawa sedikit, akan menyelamatkan anggaran settlement di awal. 
  4. Piring, sendok, garpu dan gelas (botol). Akan lebih baik juga jika membawa minimal 1 set. Beruntung jika bisa mendapatkan warisan, jika tidak pun anda tetap bisa makan dan minum dengan alat seadanya. Jika memang terpaksa tidak bisa membawa, Daisho atau 100 Yen shop lainnya akan sangat membantu.
  5.  
  6.  



You Might Also Like

1 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA