MEXT Story: Pengumuman

Saturday, September 30, 2017

Hal yang paling ditunggu-tunggu bagi Scholarship Hunter setelah penantian panjang adalah 'Pengumuman'. 

Proses seleksi untuk MEXT jalur U to U sendiri ada beberapa tahap, yaitu collecting data di Fakultas untuk dipilih satu kandidat terbaik yang akan direkomendasikan ke tingkat Universitas, lalu dilanjutkan seleksi tingkat universitas untuk direkomendasikan ke MEXT untuk mendapat beasiswa. Seleksi tingkat Universitas ini bisa dibilang cukup ketat, karena setiap Universitas punya slot berbeda-beda, misalnya saja di Kagoshima University punya slot 4 orang mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa dari MEXT. Biasanya, Universitas hanya akan merekomendasikan mahasiswa sejumlah slot yang diberikan oleh MEXT. Jadi, setiap mahasiswa yang lolos seleksi di tingkat Universitas, bisa dipastikan dia juga akan mendapatkan beasiswa. 

Kapan pengumumannya?

Untuk seleksi tingkat fakultas sendiri, biasanya lebih cepat prosesnya. Sekitar bulan Januari akhir atau Februari awal sudah ada kandidat terpilih di tingkat universitas. Saya mendapatkan kabar kalau saya direkomendasikan universitas pada awal bulan Februari, dan bisa dibilang kalau ini unofficial announcement. 

Official announcement-nya agak lebih lama, yaitu sekitar awal bulan Juni. Kandidat terpilih akan mendapatkan email langsung dari Faculty Staff. Beberapa informasi akan disampaikan terkait settlement living in Japan, tiket keberangkatan, dan yang paling penting adalah PLEDGE (beberapa juga diminta mengirimkan hasil pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit pemerintah yang diisikan di form CERTIFICATE OF HEALTH). Pledge sendiri adalah sebuah pernyataan terkait kesepakatan penerima dan pemberi beasiswa. Pledge sudah ada formatnya yang tinggal kita isi nama dan tanda tangan kita, lalu dikirim kembali ke International Student Office. 

Setelah pledge diterima pihak universitas, kita akan mendapat welcoming letter dari International Student Office. Informasi terkait tempat tinggal (dormitory), japanese language class, registration of MEXT student, dkk akan disampaikan dengan detail. 

Yep, mungkin itu saja terkait pengumuman MEXT scholar. Jika ada pertanyaan silakan leave comment atau sent email ke arinal,izzah@gmail.com. Insya Alloh akan saya balas. 

Thanks :)

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA