Menuju GWW dengan Toga Garis Dua

Friday, September 16, 2016

Ini adalah catatan step by step pengajuan SKL hingga daftar wisuda, karena agak riweuh dan belum ada yang bikin artikel-nya, jadi saya iseng-iseng aja nulis :D

Setelah sidang atau ujian tesis, segera kerjakan revisian hingga dosen pembimbing memberikan persetujuan untuk dicetak (hard cover). Sampai sini, jangan langsung dicetak. Perjuangan baru saja dimulai.
  1. Cek format ke SPS, wajib!!
    Bawa draft terakhir yang sudah di ACC dosen pembimbing (untuk dicetak) ke SPS supaya dicek formatnya oleh petugas. Ini penting! Jangan sampe bongkar tesis yang sudah di hard cover hanya karena format yang tidak sesuai. Nanti juga akan dikasih tau harus dijilid merah dengan pita warna sesuai fakultas masing-masing.
  2. Cek ke kaprodi.
    Nggak semuanya melewati prosedur ini, tapi untuk AGH sangat dianjurkan.
  3. Print dan hard cover.
    Umumnya untuk proses ini butuh waktu 1 hari full, perhitungkan ini juga dalam target daftar wisuda.
    Jumlah tesis harus diperbanyak untuk semua pembimbing, prodi, LSI dan pribadi. Kemarin saya cetak 6 eksemplar, print sendiri dan jilid hardcover @Rp 25000, sehingga kurang lebih butuh Rp 200.000 untuk perbanyakan (harga bisa lebih mahal atau murah, pintar-pintar cari celah aja hhehe).
  4. Minta tanda tangan pembimbing dan kaprodi di lembar pengesahan
    Ini juga harus meluangkan waktu lebih menyesuaikan kesibukan dosen. Kalau kemaren Alhamdulillah beruntung bisa selesai dalam 1 hari ;)
  5. Pengajuan SKL dan minta tandatangan dekan untuk pengesahan tesis
    Ini bisa dilakukan bersamaan. Jangan lupa download form pengajuan SKL di web pasca.ipb.ac.id untuk diisi dan dibawa saat pengajuan. Syarat pengajuan SKL adalah fotokopi ijazah S1, draft jurnal, bukti kemajuan jurnal (untuk S2 harus sudah sampai in review untuk jurnal internasional terindeks scopus, kalau belum, nanti proses keluarnya SKL akan tertunda). 
    Proses pengajuan SKL adalah 14 Hari Kerja (2 minggu lebih, secara real-nya) jadi harap bersabar walaupun kuota wisuda terus meroket ekstrim hhehe... Untuk pengesahan tesis sendiri biasanya selesai lebih awal dibandingkan SKL. Rajin-rajin dicek saja :)
  6. Minta form syarat-syarat wisuda ke loket pendaftaran wisuda
    Nanti akan diberi kuitansi bayaran BNI yang akan digunakan untuk membayar wisuda (Rp 525000) melalui teller bank bni, dan juga beberapa berkas lainnya.
    Berkas-berkas untuk mendaftar wisuda antara lain:
    1. SKL asli
    2. Transkrip asli
    3. Fotokopi ijazah S1
    4. Bukti bayar (slip BNI)
    5. Bukti bebas pustaka asli
    6. Bukti penyerahan tesis ke LSI (asli)
    7. Fotokopi abstract/summary judul bahasa inggris
    8. Fotokopi lembar pengesahan tesis
    9. Form pembuatan ijazah, bisa didownload di pasca.ipb.ac.id
  7. Penyerahan tesis dan softfile-nya ke petugas di Lt 2 LSI
    Setelah tesis selesai ditandatangi dekan (saya kemarin sih cuma 3 hari), nanti akan dieri formulir kemana saja tesis harus diberikan. Pertama, langsung ke LSI menuju lantai 2. Di sana nanti ada loket penyerahan tesis dimana kita harus memasukkan data-data tesis kita seperti judul, penulis dan kata kunci. Jangan lupa juga serahkan softfile dalam CD yang berisi tesis full dengan lembar pengesahan yang telah discan. Setelah selesai, nanti kita akan diberi bukti penyerahan tesis oleh LSI yang akan digunakan sebagai syarat untuk daftar wisuda. Jangan lupa juga serahkan form yang diberikan SPS tadi untuk ditandatangi oleh petugas, nanti form ini akan diperlukan dalam pengambilan ijazah.
  8. Minta surat bebas pustaka dari LSI
    Selesai dari Lt 2 LSI langsung menuju loket di depan untuk menyelesaikan bebas pustaka. Cukup menyerahkan KTM dan setelah dicek tidak ada masalah, kita akan diberikan surat bebas pustaka yang juga akan dipakai untuk daftar wisuda.
  9. Daftar Wisuda
    Setelah SKL selesai dan diperbanyak, SKL dan transkrip asli akan kita gunakan untuk daftar wisuda beserta syarat-syarat lainnya. Kita segera menuju ke loket pendaftaran wisuda, minta map dan masukkan semua syarat ke dalamnya, tuliskan nama, NIM dkk dicover map. Lalu kita serahkan ke petugas untuk dicek. Nanti kita akan diberi kartu nomor untuk foto ke bagian studio foto di dalam rektorat. Setelah foto, kita kembali ke loket, dan nanti kita akan diberi nomor urut wisuda.
    Tahap sampai sini selesai!! See you soon di GWW :)
  10. Mengisi SKW
    Nahh untuk bisa daftar ulang wisuda kita harus mengisi SKW atau survei kepuasan wisuda di skw.ipb.ac.id. Nanti setelah mengisi, kita bisa minta cap ke Direktorat MAnajemen Mutu Lt 3 rektorat yang nantinya kita pakai untuk daftar ulang wisuda.
    *) Kalau ke sini sekalian fotokopi dan legalisir akreditasi instansi, untuk IPB dan prodi S2 AGH biar nggak bolak-balik, karena suatu saat ini dibutuhkan.
  11. Menyerahkan tesis ke pembimbing dan program studi
    Selanjutnya, kita harus menyelesaikan isian form yang diberikan SPS tadi dengan emberikan tesis ke pembimbing dan program studi. Syarat bebas administrasi di Departemen AGH antara lain dengan menyerahkan
    1. tesis/disertasi
    2. CD tesis/disertasi
    3. Fotokopi dr cover hingga daftar isi halaman tesis/disertasi
    4. SKL dan transkrip (fotokopi)
    5. pas foto berwarna 3 x 4
    6. Biodata alumni (form bisa minta ke sekretariat prodi)
    7. Mengisi kuesioner kepuasan pelanggan (form diambil di sekretariat prodi) 
  12. Pengembalian Toga dan Pengambilan Ijazah
    Dengan form bukti penyerahan teis/disertasi yang diberikan sps tadi dan toga wisuda, dan KTM, ijazah bisa diambil. Nah.. setelah ini kita bisa mengajukan terjemahan ijazah ke bahasa Inggris dan juga melakukan legalisir.


    Sekian tulisan ini, semoga dapat membantu kawan2 semua :)


You Might Also Like

1 comments

  1. Terima kasih Mb Izza buat infonya. Sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA