Daily days of 2015: Catatan Akhir Tahun

Thursday, December 31, 2015

Tahun ini memang berwarna sekali, meskipun rasanya masih belum maksimal. At least ada beberapa hal yang walaupun itu bukan pencapaian tapi terkenang. 

Finally panen, yapp!! Memang meleset dari perkiraan, jadi akhirnya padi baru bisa dipanen persis satu bulan sebelum Ramadhan. But whatever, alhamdulillah that my research going well. Sambil mempersiapkan naskah buat Oktober, pengamatan tetep jalan.

First time of snorkeling. Yah agak norak sih, tapi akhirnya bisa ngerasain berenang di laut beneran meskipun masih pakai pelampung dan masih belajar cara pakai alat bantu pernapasan. But overall saya ketagihan, dan besok-besok bakal mau snorkeling lagi. Walaupun belum bisa naik gunung, minimal udah bisa menikmati alam dengan sebaik-baiknya. 

Demisioner dari BPH FORSCA, rasanya seperti nyess masuk ke dalam air laut yang ombaknya tenang dan segar, airnya jernih dan bisa menghirup udara tanpa polusi. Selepas banyak banget masalah di dalamnya dan saya gak mau bahas karena cuma membuka luka lama, tapi yang patut saya syukuri adalah I found abundant of friends since then :)

Part of IPB-Ibaraki Summer Course, meskipun sebenarnya hanya iseng-iseng ikutan. Harapannya bisa memperlancar ngomong bahasa Inggris, trus juga nambah kawan dari Jepang. Sempat diamanahi juga jadi Kapten group D disini, yes everything goes well walaupun diakhir gak dapet kesempatan buat ikutan winter ke Jepang.. tapi ada yang lebih baik dari itu.

International Symposium of Root Research di Canberra, Australia. Yap, Alhamdulillah dapat kesempatan go International lagi meskipun saat ini baru bisa berkontribusi sebatas poster presentation aja.. The next harus lebih baik. Seneng bisa ketemu dengan orang-orang yang selama ini cuma bisa kenal nama mereka dari publikasi yang disitasi, seneng dapet kenalan dari berbagai negara, seneng akhirnya bisa menginjakkan kaki di benua lain, seneng bisa diskusi dengan orang-orang kritis..

Kesempatan ke Australia sendiri itu juga membuat saya banyak belajar survive, belajar berani mengambil keputusan sendiri, karena nggak ada siapa-siapa di sana dan cuma modal kenalan di facebook akhirnya punya kenalan yang whateverlah saya sangat bersyukur bisa kenal dengannya. As my work paid off with a lot of experiences and new friends.

terimakasih Ya Alloh untuk kesempatan berharga ini.

Yang agak meleset memang belum bisa lulus tahun ini, tapi Insya Alloh dalam sebulan ke depan. 

So, the next wishes nggak muluk-muluk..

1. Lulus S2 itu pasti number one
2. Kerja dan fokus ke karir
3. Nikah (bismillah)
4. Minimal bisa berkunjung ke 1 negara lagi di tahun ini, buat urusan akademik atau ibadah

You Might Also Like

1 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA