Menghargai Kebaikan Demi Tumbuhnya Kebaikan-kebaikan Lainnya

Monday, October 26, 2015

Beberapa waktu lalu saya sempat kehilangan HP, atau lebih tepatnya saya menjatuhkannya secara tidak sengaja setelah nonton semifinal badminton Pasca Cup di GOR Lama IPB. Saya sudah ikhlaskan kalau memang rezeki ya balik, tapi kalau bukan yasudah biarkan. Ternyata seseorang menemukan HP saya dan memposting ke semua grup yang saya ikuti bahwa saya diminta menghubungi dan menemui dia. Besok paginya informasi itu sampai ke saya, dan langsung ditindaklanjuti. Menurut cerita yang menemukan, alarm HP saya bunyi terus-terusan dari jam 2 pagi dan itu yang membuat dia menyadari kalau ada HP yang jatuh. Dia mengambil HP saya dan memposting informasi kalau dia menemukan HP saya. Beberapa waktu kemudian saya putuskan untuk mengirimi pulsa ke nomor orang yang menemukan HP saya tersebut, walaupun mungkin orangnya bakal menolak kalau saya kasih secara langsung. 

Dia punya kesempatan untuk mengambil dan memanfaatkan HP saya sesuka dia karena dia yang menemukan. Dia bisa menjual dan mendapatkan uang lebih besar dari smartphone yang dia temukan. Tapi dia memilih untuk mengembalikan ke pemiliknya walaupun dia nggak akan mendapatkan apa-apa. 

Inilah patut dihargai, pilihannya untuk jujur. 

Walaupun nggak banyak, bukan hanya sekedar bentuk terimakasih, dan tentu saja bukan membentuk pola pikir berbuat baik agar mendapat balasan orang yang lebih banyak. Pola pikir ini bukan membentuk budaya sedikit-sedikit memberi, tapi bagaimana kita menghargai kejujuran dan kebaikan. Saya hanya berharap dengan adanya apresiasi ini akan lebih banyak orang yang berbuat kebaikan. 

Bahkan ketika merepotkan seseorang untuk melakukan ini itu, walaupun orang itu mengatakan tidak mengapa, tapi saya tetap ingin mengapresiasi kebaikannya dengan memberi sesuatu walaupun itu kecil. 

Jika berbuat kebaikan dan kejahatan mendapat perlakuan yang sama, apa bedanya? 

Seorang yang telah berbuat kebaikan harus mendapatkan apresiasi agar semakin banyak orang berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA