Life to Learn #2: Jalani Proses untuk Dapatkan Makna Lebih Dalam

Sunday, February 08, 2015

Step by step membuat bakwan jagung ^^
Terkadang kita harus berjuang untuk mendapatkan sesuatu yang menurut kita berharga, dan terkadang pula kita bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa disangka-sangka. Sering pula ketika kita menginginkan sesuatu lalu membelinya, kita tak pernah tahu bagaimana proses pembuatannya. Terkadang kita menawar dengan harga yang menurut logika kita adalah harga yang wajar untuk kita dapatkan, tanpa pernah tahu tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Kita semua mungkin pernah makan gado-gado atau soto yang tentu saja tak lengkap tanpa hadirnya 'kecambah' atau 'taoge'. Biasanya pun kita mendapatkannya dengan membeli di pasar taoge yang sudah siap masak, atau sudah satu paket dengan menu masakan ketika membelinya di warung.

Tapi pernahkan terbayang bagaimana proses pembuatannya? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat taoge sampai benar-benar jadi dan siap olah?

Membuat taoge sama artinya dengan mengecambahkan kacang-kacangan, bisa kacang hijau, bisa kedelai, bisa kacang tunggak dan sebagainya. Proses agar benih tersebut berkecambah harus melalui imbibisi. Cara paling cepat agar benih dapat berimbibisi adalah merendamnya dengan air, dan proses ini paling cepat memakan waktu 12-24 hingga radikula keluar.

Cukup sampai disini? Tidak. Tentu saja tak mau melihat taoge dengan kulit benih berwarna hijau yang masih menempel. Perlu proses mengupas satu persatu, mudah memang, tapi kan taoge yang kita makan nggak hanya 1 atau 2 biji saja, bisa jadi ratusan bahkan ribuan. Proses membersihkan ini juga membutuhkan waktu 1-2 jam.

Nah... sampai taoge siap dihidangkan sudah banyak hal yang bisa kita pelajari. Bukan tentang rumitnya, tapi bagaimana prosesnya. Proses-proses tersebut tidaklah mudah dan tidaklah cepat, dari sini kita belajar bersabar. 




You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA