Food Combining

Sunday, January 12, 2014


Istilah yang lagi popular, atau saya yang baru tahu, hehe. Pertama kali denger tentang Food Combining (FC) dari Rahmi, temen sekelas Pasca yang sepertinya dia udah menjalani. Awalnya rada-rada nggak ngerti kenapa harus dipisah-pisah antara karbohidrat dan protein, dan menurut saya yang namanya diet pasti menyiksa (bayangan saya seperti diet mayo.. 2 minggu… gak kebayang).

Beberapa waktu lalu saya sempat sakit, karena masalah pencernaan, trus dapat nasehat dari ayah saya soal pola makanan. Kalau makan ikan, jangan bareng sama daging. Kalau makan daging, jangan bareng ikan. Jangan makan ikan dengan daun salad. Jangan minum susu bersama dengan makan ikan atau makan daging. Saya pikir juga kenapa?? Tapi soal hewan laut dan hewan darat yang nggak boleh dimakan dalam satu waktu itu saya pernah dengar alasannya ada dalilnya di al qur’an. Intinya kalau dimakan bersama-sama bisa menimbulkan penyakit yang nggak diinginkan.

Inget juga pernah ngobrol sama Ryanda waktu makan bareng temen-temen Indigenous di saat-saat mulai berpisah satu-satu. Waktu itu Ryanda bilang kalau tubuh itu punya pola-nya sendiri, kalau pagi jangan makan terlalu berat, cukup makan buah saja. Nanti siang baru makan berat, seperti nasi atau pokoknya yang mengandung karbo. Nah sore juga cukup makan ringan aja…

Kemudian saya baca-baca artikel di intenet (karena belum sempat shoping buku lagi -_-) tentang Food Combining. Ternyata food combining lebih ke pengaturan pola makan, bukan diet. Ada yang namanya siklus cardinal dalam tubuh, dan juga tentang keseimbangan asam basa makanan yang akan masuk ke tubuh.

Berikut penjelasan tentang siklus cardinal:

  1. Siklus pencernaan sangat intensif pukul 12.00 - 20.00.
Pada siklus ini energi tubuh lebih banyak dipusatkan ke fungsi pencernaan. Sepanjang siklus ini merupakan saat yang tepat untuk mengisi lambung dengan makanan padat.

  1. Siklus penyerapan berlangsung sangat intensif pukul 20.00 - 04.00.
Terjadi proses penyerapan sebagian besar zat-zat makanan yang sudah tercerna dan pembagian zat-zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, tidur terlambat atau makan larut malam dapat mengurangi pasokan energi yang diperlukan untuk proses penyerapan. Hambatan pada salah satu siklus dapat mengacaukan siklus-siklus berikutnya.

  1. Siklus pembuangan sangat intensif terjadi antara pukul 04.00 - 12.00.
Pada siklus ini, energi akan lebih banyak dipakai untuk membantu proses pembuangan. Sampah akan lebih banyak dikeluarkan dalam siklus ini. Banyak orang mengeluh tidak mempunyai nafsu makan pada pagi hari, tapi tidak menyadari bahwa ini adalah hal sangat alami. Tubuh sedang melalui siklus pembuangan, maka tubuh tidak terlalu membutuhkan makanan padat (misalnya nasi dan daging) yang sulit dicerna dalam kurun waktu tersebut. Hal ini akan mengacaukan proses pembuangan karena kekurangan energi.


Nah, selanjutnya ini adalah prinsip-prinsip food combining:

1. Eat Fruit Alone- fruit contains sugars that are ready for the body to utilize and provides its own enzymes so it does not need much time to be digested in the stomach. It should not be combined with other foods and should not be consumed for several hours after eating protein or starch. If you have fruit following a meal the sugar in the fruit will ferment in the stomach, causing bloating and gas. Allow 1-2 hours before eating any other food if you do eat fruit. The best time is to eat it in the morning because then you know all other foods have been digested.

2. Do Not Combine Protein and Starch-they require different digestive juices in order to be broken down and used by the body. Digestion of starches begins in the mouth with the enzyme ptyalin, which is found in your saliva. Proteins are broken down in the stomach by hydrochloric acid and pepsin enzyme. Protein needs an acidic environment and starch an alkaline environment.

3. Eat Protein Alone or with Vegetables-Veggies are high in water content and relatively easy to digest. They can be broken down in either an acidic or alkaline environment so they can be combined with either proteins or starches. The enzymes in veggies actually enhance the digestion protein.

4. If You Eat Starches, Eat Them Alone or with Vegetables- Vegetables do not require their own specific digestive juices, so they can be digested in the alkaline environment required by starches.

5. Do NOT Drink with Meals- this dilutes the digestive juices that are needed to break down the food, preventing it from being properly digested. The best time to drink fluids is in between meals-at least a half and hour before or after eating. If you find you are thirsty after eating, you may be using too much salt in your food.

Setelah tahu sistematikanya, saya pikir ini lebih mudah dilaksanakan. Sebab nggak harus nahan lapar seharian -_- karena yang diatur adalah pola makan-nya.Tapi saya juga belum coba...hehe

You Might Also Like

2 comments

  1. Diet itu arti sebenarnya mengatur pola makan... cuma orang awam sering mengartikan diet itu untuk menurunkan berat badan...

    ReplyDelete
  2. hah.. betul... lebih parahnya malah ngurangin makan, makanya menderita

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA