Buanglah Sampah pada Tempatnya!

Friday, October 04, 2013

Sepele, tapi sering dianggap remeh.

Mungkin kita sering makan permen, kalau lagi kuliah/pelajaran, nah bungkusnya dibuang kemana? Sering dijumpai lantai kelas kotor karena sampah-sampah seperti ini. Kalau diperingatkan, jawabannya 'nggak ada tempat sampah' atau 'ah cuma sedikit'. Sedikit demi sedikit, lama-lama juga akan menggunung.

Kalau semua beralasan karena nggak ada tempat sampah, apa semua akan buang sampah di sembarang tempat? *think again*. 

Bagaimana kalau dimulai membiasakan yang baik dari diri sendiri? Nggak ribet kok, cukup sediain kantong khusus buat buang sampah kering. Kalau habis makan permen, ya bungkusnya masukin tas dulu, nanti dibuang kalau sudah menemukan tempat sampah. Kalau lagi minum es, bungkusnya juga bawa aja dulu, dibuang nanti kalau sudah menemukan tempat sampah.

Terus setelah itu? Kebiasaan baik ini harus ditularkan kepada orang-orang di sekitar kita. Kalau masih ada yang buang sampah sembarangan, tegur. Atau minimal ketika kamu dewasa dan sudah punya anak nanti, kebiasaan kamu yang sudah melekat itu bisa kamu tularkan ke anak-anak kamu. Meski bermula dari kamu, kemudian anak-anak kamu, orang-orang di sekitar kamu, lama-lama semakin banyak kok yang menyadarinya, dan dunia bisa berubah :)

Pokoknya, sedia selalu kantong khusus untuk sampah kemana pun kamu pergi. Intelektualitas seseorang bisa dinilai dari cara hidupnya lhoo... :)
 

tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika (http://lomenulis.com/post/62784084100/lomba-menulis-dalam-bentuk-apa-pun-dl-31-okt-2013)

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA