Analogi Kehidupan Sehari-hari

Wednesday, September 25, 2013

Rasa-rasanya materi kuliah yang cukup menyita perhatian, jauh dibanding S1 yang bisa kuliah sd 4 kali dalam sehari. Tapi untuk pasca, 2 kuliah dalam sehari itu cukup membutuhkan energi dan setelahnya tak mampu berpikir apa-apa. Heuh, lebay!! Tapi begitu keluhan teman-teman sekelas juga.

Belajar sistem menghafal sudah nggak berlaku lagi di kelas pasca, yang ada otak malah terbebani hafalan-hafalan nggak jelas yang ujung-ujungnya nanti hilang juga. Awal-awal kuliah masih sempat menulis tentang analogi ilmu yang baru dipelajari dengan cerita-cerita sederhana kehidupan sehari-hari. Memang enak sih, jadi selalu ingat dan membekas, gak perlu hafal mati-matian. Tapi seiring kepadatan tugas, berasa butuh waktu lebih banyak lagi untuk bisa menganalogikan.

Sekarang-sekarang, ah yang penting pas kuliah merhatiin sebaik-baiknya, nyatet sesanggupnya, dan segera mengulang setelah sampai kosan. Teori lama, yang jujur, susah sekali penerapannya. Beruntung kalau setiap kuliah dosen menyampaikan pesan moral, itu jauh lebih mudah diingat, minimal bisa mengingat suasana kuliah saat itu.

"Boleh mengurangi, tapi tidak boleh tidak mengkonsumsi sama sekali" (read: garam).
Why?? Kalau nggak mengkonsumsi sama sekali, semua nutrisi yang ada di dalam tubuh nggak akan bisa diproses. Itu sebabnya garam penting buat tubuh.

"H0 dibuat untuk ditolak. Percuma kita melakukan percobaan mahal-mahal kalau dari awal kita tahu hasilnya tidak berbeda" (kuliah analisis statistik)

Ah... baru ngerti kenapa si Ray semenjak masuk S2 jarang-jarang up date blog. Berasa gak punya waktu euy... padahal kuliah cuma 12 sks dr total maksimal 15 sks, tp tetep aja harus ekstra berpikir keras. Review jurnal tiap hari biar bisa bikin paper, baik individu ataupun kelompok, kalau nggak review bisa nggak bisa nulis.

Keep smile ^^

You Might Also Like

2 comments

  1. hahaha... paragraf terakhirnya jegerrrr bangeeeettttt... hahaha... tenang itu cuma awal2 aj... nti terbiasa kok... smoga g mngalami fase dimana kuliah seluruhnya udah kelar, tapi nyusun sk pembimbing-sidkom-kolki-proposal-penelitian-tesis-seminar, malah mrasa semakin g da waktu... hehehe... tp keep smile and fight!!! yeah... :)

    ReplyDelete
  2. kenyataannya sekarang aku juga jarang update blog ray.. haha, blog isinya curcol semua.
    iya nih, untung kagak jadi 15 sks. mungkin krna pola pembagian waktu belum pas.. jd kayak penuhhh banget tp gak efisien

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA