Lebaran dan Ucapan, Seiring Perkembangan Zaman

Saturday, August 10, 2013

Lebaran Idul Fitri identik dengan silaturahmi dengan kerabat besar maupun sahabat-sahabat dekat untuk meminta maaf dan memulai kehidupan dari nol lagi (meski minta maaf nggak identik dg lebaran). Zaman dahulu, cukup silaturahmi saja, kemudian mulailah berkembang 'kartu lebaran' dimana tersedia diberbagai toko dalam bentuk jadi dengan model dan harga yang bervariasi, memanfaatkan jasa POS untuk mengirimkannya ke rumah saudara/sanak/famili sebagai pengganti ketidakhadiran saat Idul Fitri tiba.

Seiring perkembangan zaman, merebaknya ponsel pribadi atau handphone dengan fasilitas Short Message Service (SMS) mulai menggeser peminat 'kartu lebaran' sebagai ajang silaturahmi ucapan selamat lebaran,  kelebihan SMS ini selain harganya relatif murah dan sekali kirim dapat langsung diterima oleh penerima. Di samping itu, mulai berkembang pula kreativitas para pengguna SMS dalam merangkai kalimat indah, tak ayal lebaran orang-orang jadi berubah puitis. Maka tak heran jika esok lebaran, saling berebut sinyal untuk bisa mengirim SMS, dan inbox bisa langsung penuh dengan berjibun ucapan lebaran yg masuk.

Tak cukup sampai disitu saja, perkembangan media sosial di jaringan internet juga menjadi salah satu fasilitas untuk saling mengirimkan ucapan selamat lebarn melalui internet, lebih murah dan praktis. Namun akhir-akhir ini, berbagai bentuk ucapan dalam bahasa yg berbeda-beda banyak tersedia di internet, sehingga cukup googling saja seseorang sudah bisa mendapatkan ucapan yang diinginkan.

Berbagai variasi alternatif media tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Namun dengan cara apapun, yg terpenting adalah ucapan maaf ataupun pemberian maaf yang ikhlas dari hati, bukan hanya pemanis bibir saja, agar hati kita benar-benar suci seperti terlahir kembali.

Taqobbalallohu minna waminkum, Shiyamana wa shiyamakum.
Minal Aidin Wal Faizin...
Selamat Idul Fitri 1434 H

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA