Perkembangan Bahasa Slang

Tuesday, May 28, 2013

Entahlah akhir-akhir ini sering banget berkembang kosakata baru, terutama di kalangan remaja tingkat perkembangannya luar biasa cepat. Tentu saja hal ini jadi masalah buat mereka yang nggak begitu up date tentang perkembangan itu, kalau diajak ngobrol jadi nggak out of date atau minimalnya banget jadi nggak nyambung.

Beberapa kosakata baru itu adalah singkatan dari kalimat yang terlalu panjang, contohnya Pemberi Harapan Palsu disingkat jadi PHP, Knowing Every Particular Thing disingkat jadi KEPO, Emang Gue Pikirin jadi EGP, dll. Bentuk singkatan yang hanya mengambil huruf depan-nya saja ini jadi lumayan sulit untuk menebak apa maksud sebenarnya dari istilah baru yang muncul, kadang-kadang perlu iseng untuk menjabarkan artinya.

Ada lagi yang bentuknya singkatan beberapa kata dari kalimatnya, contohnya Culun Punya disingkat jadi CUPU, jaman dahulu disingkat jadi JADUL, Bentuk yang seperti ini relatif lebih mudah ditebak pengertiannya. 

Beberapa singkatan yang kudu tahu, RIP singkatan dari Rest in Peace, TFL singkatan dari Thanks for Like (untuk facebooker), PM singkatan dari Personal Message, DM singkatan dari Direct Message, RT singkatan dr ReTweet (untuk tweeps mania).

Gak kebayang, beberapa tahun lagi, KBBI nambah berapa tebal yak?? dan kamus bahasa slang kita (ada ya??) juga setebal apa ^^

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA