15 Tahun Lengser Keprabon, 15 Tahun Reformasi, Sudahkah Menganut Demokrasi?

Tuesday, May 21, 2013

Lima belas tahun lalu, tepatnya 21 Mei 1998, salah satu babak penting dalam sejarah bangsa ini terjadi, satu peristiwa mengakhiri rezim yang telah berkuasa selama 32 tahun, rezim yang meletakkan feodalisme sebagai upaya mempertahankan kekuasaan, yang pada akhirnya harus menyerah akibat ketidakpuasan dan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap feodalisme yang tidak bisa membawa kesejahteraan bagi mereka.

Peristiwa yang lebih dikenal dengan sebutan "Lengser Keprabon" tersebut tak hanya menyisakan huru hara dan ketidakstabilan politik. Inflasi besar-besaran tentu saja menyebabkan harga di pasaran menjadi tak terkendali, tentu bukanlah hal mudah mengembalikan kondisi menjadi stabil seperti sedia kala. Setelah kemunduran Soeharto dari kursi kepresidenan, berikut dilanjutkan oleh BJ Habibie sebagai pengganti, maka ini adalah PR besar yang harus diselesaikan untuk mengembalikan kondisi seperti semula.

Selain kestabilan politik, masyarakat juga menuntut adanya kebebasan berpendapat, mereka tak mau lagi diperintah oleh sistem pemerintahan feodal yang berujung pada kediktaktoran. Mereka warga negara, punya hak dalam penentuan kemajuan bangsa ini.

Saat ini, 15 tahun peristiwa tersebut berlalu, sudahkan sistem demokrasi berjalan baik di Indonesia? Beberapa sumber menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara yang paling menghargai demokrasi, namun entah bagaimana ke depannya demokrasi ini membawa masa depan negeri ini? Akankah demokrasi mampu menciptakan suasana politik yang relatif stabil jika suara-suara demokrasi tersebut mewakili kepentingan satu pihak saja? Jika begitu yang terjadi, bukankah demokrasi hanya menjadi tameng kebebasan yang selanjutnya membawa misi terselubung untuk kembali pada feodalisme?

Silakan baca terlebih dahulu buku catatan BJ Habibie yang berjudul "Detik-detik yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi" klik link untuk mendownload ebook. Jika anda adalah orang yang tidak ingin menyimpulkan dari satu sumber informasi saja, maka ini adalah satu referensi yang patut anda pertimbangkan untuk dibaca.

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA