7th Agrinext Expo, 5th IndoGreen Forestry, and Deep Indonesia 2013

Monday, April 08, 2013

Beberapa waktu lalu di JCC memang lagi banjir expo, tepatnya tanggal 4,5,6 dan 7 April 2013. Karena memang sangat tertarik dengan Expo pertanian dan selalu up date info Agrinext, maka diniatkan datang ke Agrinext setiap tahunnya (mumpung masih di Bogor). Dari agrinext sebenernya tujuan utamanya nyari olahan produk agribisnis yang unik, ya kira-kira bisa jadi ide buat wirausaha di bidang agribisnis. Tapi peserta agrinext tiap tahun-nya nggak bisa ditebak, kadang wah banget, kadang yang dicari gak ketemu.

Berhubung datang ke JCC bareng rombongan IPB dan nyampe terlalu pagi (jam 09.00, padahal biasanya jam 10an), jadi masih banyak stand yang baru siap-siap dibuka. Saya dan temen keluar dulu niatnya cari warung buat makan, yang standar harga-nya dan higienis (biasanya area senayan harga makanan mahal-mahal). Ternyata di depan ada 2 Expo, yaitu tentang perikanan dan kelautan, dan tentang Kehutanan. Berhubung yang Deep Indonesia ada Htm-nya 20.000 untuk masuk, kita urung (maklum mahasiswa, hitung2 efisiensi kantong dulu), nanti aja, trus jalan ke IndoGreen Forestry dan masuk deh..

5th IndoGreen Forestry
Seperti Agrinext, IndoGreen Forestry juga free entrance, jadi siapa saja boleh masuk. Bedanya, kami disuruh registrasi dulu di meja registrasi, mengisi selembar formulir dan kemudian kami diberi name tag sebagai visitor. Setelah itu, kami bisa mengunjungi stand-stand di dalamnya. Pertama kali kami tertarik di stand kementrian kehutanan, hhehe, banyak stiker disini (kalau mahasiswa pemula biasanya ngumpulin sebanyak-banyaknya pamflet yg bisa diambil, kalau bisa dapet buku lebih seneng lagi, berhubung saya udah di level akhir jd mahasiswa, ngambilnya yg pasti-pasti aja :D stiker dan gantungan kunci contohnya), juga banyak binatang dilindungi seperti ular, biawak, dll.

Beruntung pertama kali masuk udah bawa kamera, jadi tinggal jepret-jepret kalau ngelihat sesuatu yang unik. Kami langsung menuju akuarium, ada si nemo :D, narsis-narsis dah dengan nemo kecil. Melanjutkan ke stand Taman Nasional Gunung Halimun, ada permainan tebak kacang (insting anak pertanian langsung main), dan kami ikutan deh main tebak-tebakannya... :D

Berhubung kelaperan, kami keluar beli makan di warung padang. Dihitung-hitung makan pakai menu telor dadar harganya sepupuh ribu, untuk kelas Jakarta boleh dibilang murah sih.. biasanya sekali makan minimal 25rb, tapi kalau dibandingin bogor ya masih jauh, 10rb itu bisa dapet ayam. Berhubung kalau nggak makan, nggak bakal tahan jalan-jalan sepanjang Expo di JCC yang dinginnya masya Alloh.

Selanjutnya kami muter-muter lagi di dalem dan menemukan nemo-nemo yang lainnya :D. Ternyata kementrian sedang mengadakan program penanaman 1 juta pohon, wah.., heboh, dimana-mana anak-anak pada bawa pohon yang gede-gede. Emang dibagikan gratis sih pohon-nya, tapi bingung mau ngangkutnya, dan bingung kalau udah bawa nanti mau ditanam dimana.

Oh ya, kami juga ikutan program reboisasi di Halimun lho... :D Semoga bulan depan kami di kontak ikut ke sana, hhehe.

7th Agrinex Expo
Buat anak pertanian, wajib nih ikutan beginian. Seenggaknya biar di otak kamu tuh nggak cuma materi kuliah aja, tp juga tahu perkembangan inovasi pangan. Pertanian kan kebanyakan berakhir di pangan, walaupun beberapa ada yang ke sandang maupun rumah.

Di Agrinext tahun lalu, beras jagung instan dan beras non glikemik menjadi perhatian saya, sebab menurut saya itu unik. Beras jagung ini bentuknya masih asli, jagung, namun udah diolah jd instan, jadi nanti waktu mau makan tinggal direbus pake magic com aja udah bisa di makan. Kalau beras non glikemik, bagus nih buat diet gula, atau buat yang punya diabetes tapi masih tetep pengin makan nasi :D. Nah, kmrn udah nyari-nyari gak nemu produk unggulan yang 2 ini pada kemana, hhehe. 

Tapi ada yang seru lagi sih.., hhehe, ada es krim dari ubi ungu :D

Deep Indonesia 2013
Sebetulnya lebih ke penasaran apa aja di dalamnya, trus dihitung-hitung lagi, kesimpulannya gak papa ngeluarin 20.000 buat tiket masuk, mumpung udah di JCC kenapa gak sekalian aja masuk ke semuanya (ini orangnya lagi butuh pelampiasan jalan kaki biar pegel :D). Setelah masuk kita langsung disuguhi perkusi (mungkin kurang tepat, karena lebih profesional ini) dari Banjarnegara. Yap, setelah performance baru kita keliling stand-stand di dalamnya.

Dan tau apa isinya? Semua yang berbau properti diving dan boat, hhahaha. Pakaian selam, sampai paket wisata arum jeram sekalipun ditawarkan disini. Memang sih, lebih pas buat orang berduit disini mah.. Tapi ya gak papa, hhehe, aku jadi dapet buku yang isinya all gambar undersea semua :D :D

Yap, sekilas petualangan sehari di JCC mengikuti tiga expo sekaligus :D

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA