Menulis itu Mudah

Wednesday, February 06, 2013


Menulis itu mudah. Buat yang merasa bahwa menulis itu terlalu rumit, tips yang mungkin boleh dicoba adalah memulainya dengan menulis buku harian setiap malam dengan menceritakan apa-apa yang dialami atau apa-apa yang dilakukan pada hari itu. Semacam jurnal harian. Bisa juga menambahkan tanggapan kita, perasaan kita, baik yang tak bisa diceritakan kepada orang sekalipun. Jangan khawatir dan jangan pernah ragu-ragu, ini buku anda, milik anda, anda boleh mengekspresikan sebebas-bebasnya semua yang anda inginkan. Ini melatih anda menyampaikan hal-hal sederhana yang kerap anda temui dalam sebuah tulisan.

Menulis itu mudah. Bagi mereka yang sudah berada pada tingkat menengah, dan bingung menentukan bentuk tulisan apa yang hendak mereka sampaikan. Cari informasi sebanyak-banyaknya, masalah penyampaian itu akan lebih mudah ketika informasi yang dibutuhkan terekam jelas. Selanjutnya, gaya penulisan bisa disesuaikan. Tulisan bisa dibuat dalam bentuk berita, formal, menekankan unsur 5W 1H dan tulisan ini kerap disebut sebagai tulisan jurnalistik. Tulisan juga bisa dibuat sedikit santai dengan gaya penulisan feature. 

Menulis itu mudah. Bagi mereka yang berada pada tingkat lanjut. Bukan lagi masalah gaya atau kemampuan menulisnya yang diragukan, tetapi ketika mereka mengalami 'stuck' dalam mengembangkan atau menemukan ide baru dalam tulisannya. Berhentilah sejenak dan lakukan aktivitas-aktivitas lain seperti makan, jalan-jalan, dsb. Makan menjadi penting, sebab jika kondisi perut lapar, otak pun tak dapat berpikir secara jernih. Jalan-jalan, ini banyak dilakukan orang unuk mencari inspirasi, karena suasana diluar itu memberikan masukan inspirasi yang lebih baik.

So, menulis itu memang mudah, selama ada kemauan dan niat untuk melakukannya.


#7HariMenulis - Hari Ketujuh - 

You Might Also Like

6 comments

  1. Oh, itu jalan keluar kalo lagi stuck?
    Recomended! :D

    ReplyDelete
  2. sejauh ini jalan-jalan masih bisa mengatasi :)

    ReplyDelete
  3. tambahan, menulislah seakan kita yang sedang membaca.

    eh iya arinal, itu nama blog-nya kepanjangan, susah di-seacrh orang kayaknya. make it more simple. #Tips :)

    visit me back
    Sam,
    www.skripsit.com
    @skripsit

    ReplyDelete
  4. ceeh, dikunjungi alumni nih arinal, admin skripsit :D

    ReplyDelete
  5. wah iya, ada senior. Salam senior dulu nih!! :)
    Oke sam, terimakasih sudah menyempatkan membaca, dan thx juga tips-nya.

    ReplyDelete
  6. Menulis itu mudah. Membaca dan memberikan komentar yang bagus itu sulit. kayak gini nih. :))

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA