Eksotisnya Kulit Petani Demi Makan Sehari-hari

Sunday, February 03, 2013

Judul diatas sebenarnya sedikit 'menyentil', buat sarjana pertanian yang katanya siap terjun lapang tapi takut kulitnya makin gelap. Buat mereka juga yang merogoh kocek cukup banyak untuk membuat kulitnya terlihat lebih cerah. Memang nggak salah, setiap orang ingin tampil cantik dihadapan orang lain. Dan memang bukan itu yang mau diangkat 'lebih mendetail' dalam artikel ini, tapi tentang 'Rasa Syukur'. 

andikachandra20.blogspot.com
Hampir setiap hari petani ke sawah untuk melakukan kegiatan budidaya (menanam, menyiangi, mengairi, sampai panen). Keluhan, lelah, letih itu semua pasti ada. Tapi mereka tetap melakukannya sampai akhir. Terkadang bukan hanya karena memenuhi kebutuhan keluarganya saja, tapi demi kita semua bisa makan. Bayangkan saja kalau nggak ada yang menanam padi, mau makan pakai apa kita? Ekspor beras lagi? Hari gini masih ekspor? Dikemanain tuh sarjana-sarjana pertaniannya. Ntar pada pergi keluar negeri lho.. :D

Kita, kepanasan dikit ngeluh. Padahal udah pake pelembab lho, bahkan sunblock, yang katanya walaupun kepanasan muka kita tetep gak gosong. Itupun kadang masih ngeluarin senjata, yakni membuka payung. Jadi ambigu nih peran payung, bukan melindungi dari hujan tapi melindungi biar muka gak gosong. Masih gak terima juga, belin sunblock yang harganya lebih mahal lagi (bukannya sunblock emang harganya mahal ya.. :)).

Petani, boro-boro ngeluh begituan. "Udah biasa neng", kalau dibercandain jawabnya begitu. "Eneng nggak takut item ya?", malah gantian kena dibercandain nanti. Kenapa nggak pake sunblock? "Ibu mah dari lahir udah item", atau malah mungkin jawabannya begini "Daripada buat beli sunblock mending buat makan neng", Nah lo!! Mau jawab apalagi.

Kita mah yang dilahirkan punya kulit bersih, sekali-kali deh kalau kepanasan dikit itu inget mereka yang berjasa, kurangin kebiasaan ngeluh. Seenggaknya kita masih panas bersyukur nggak tiap hari harus berpanas-panasan. Dan mereka yang rela berpanas-panasan itu sudah selayaknya kita hargai. Semoga mereka diberi kemudahan rezeki, nikmat kesehatan, sehingga mereka bisa terus menanam untuk kita semua. Aaamin.
#7HariMenulis - Hari Keempat -

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA