Catatan Akhir Kuliah

Saturday, February 02, 2013

Ini bukan judul film seperti “Catatan Akhir Sekolah”, bukan juga script untuk rencana film serupa. Dan yang lebih penting, ini nggak ada hubungannya sama film “Catatan Akhir Sekolah”. Okee!! :D

Tingkat akhir adalah sebuah proses luar biasa bagi setiap mahasiswa untuk menyandang gelar sarjana. Kalau semester-semester sebelumnya dilewati mahasiswa secara bersama-sama, tingkat akhir ini menguji kesetiaan mahasiswa terhadap karya akhirnya. Nggak sedikit yang gagal melampauinya, tetapi yang sukses jauh lebih banyak. Oleh karena itu tingkat akhir adalah pertaruhan bagi mahasiswa untuk bisa lulus atau tidak.

Nah, pada tingkat ini segala syndrome bermunculan. Buat yang dulunya aktivis, mau nggak mau harus mengurangi aktivitasnya yang super padat untuk fokus menyelesaikan skripsi. Pada fase ini masalah yang sering muncul adalah merasa kesepian, post power syndrome, daya tahan tubuh menurun karena pola makan tak teratur, dan yang paling parah adalah perubahan jam biologis.

Kenapa bisa merasa kesepian? Tentu saja ada masa senang, ada juga masa sedih. Ketika kita mengerjakan apa yang dinamakan tugas akhir, tentu saja teman-teman seangkatan kita juga mengerjakannya. Prosesnya bisa berbeda, pelaksanaannya juga bisa berbeda. Nah, karena kesibukan ekstra tinggi dari masing-masing individu inilah yang membuat mereka merasa sangat kesepian. Jauh sekali jika dibandingan saat mereka masih kuliah bersama.

Apa itu post power syndrome? Ini adalah sebutan bagi mereka yang dulunya aktivis kampus dengan jadwal ekstra padat, misalnya aktivis di BEM, UKM, belum lagi kegiatan di OMDA-nya, nah giliran mereka tiba saatnya mengerjakan tugas akhir, maka mereka kemudian dipensiunkan dari semua kegiatan ini. Maka terjadi yang namanya excess time, hhaha, ini istilah yang baru dibuat dan baru diperkenalkan (hhehehe) untuk kelebihan waktu dan bingung mau mengerjakan apa.

Nah ini nih soal jam biologis, kenapa bisa begitu berubah drastis? Mood mengerjakan skipsi itu bisa muncul sewaktu-waktu alias nggak terduga.  Kadang pagi, kadang siang, kadang juga malam.  Kalau muncul mood-nya malam, kita bisa nggak sadar begadang hingga larut malam, itulah kenapa jam biologis ikut terganggu.

Mungkin itu beberapa ‘keresahan’ mahasiswa tingkat akhir yang terangkum dalam ‘Catatan Akhir Kuliah’ini. Yakinlah, itu adalah proses yang akan dilewati setiap mahasiswa. So setelah semuanya terlewati dan gelar Sarjana di sandang, kehidupan akan kembali normal. Dan yang penting lagi, ‘Catatan Akhir Kuliah’ ini akan menjadi catatan sendiri dalam hidupmu :D.

#7HariMenulis - Hari Ketiga -

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA