Pelepasan Plakat "In Memoriam Soe Hok Gie dan Idhan Lubis"

Tuesday, December 18, 2012

Informasi memang bisa datang dari mana saja, bahkan dari twitter pun, so hati-hati dengan tweet-mu.

Baru saja buka TL @travelnesia ada informasi tentang pelepasan plakat "In Memorian Soe Hok Gie dan Idhan Lubis" yang beberapa tahun terakhir menjadi objek foto bagi para pendaki yang telah mencapai Mahameru. Beritanya tweet-nya sudah dirangkum oleh ESCORET, silakan langsung menuju link-nya. Saya hanya menyampaikan beritanya secara umum.

Plakat Soe Hok Gie dan Idhan Lubis yang dilepas
Soe Hok Gie dan Idhan Dhavantari Lubis meninggal pada waktu yang berdekatan (16 Desember 1969) karena menghirup gas beracun di puncak Semeru. Kisah pendakian dan proses evakuasi-nya yang lebih mendetail bisa baca buku "Soe Hok Gie, sekali lagi" (jujur, bukunya udah susah dicari).

Bertepatan dengan 43 tahun meninggalnya legenda petualang dan aktivis Indonesia tersebut, kemarin (16 Desember 2012), Indonesian Green Ranger (IGR) melakukan napak tilas untuk melepas plakat "In Memoriam Soe Hok Gie dan Idhan Lubis" di Mahameru. 

Pada tahun 1970, Herman Lantang memasang plakat yang terbuat dari marmer dan kemudian diperbarui  oleh IGR tahun 1989. Pada tahun 2001, plakat Soe Hok Gie dan Idhan Lubis hancur akibat batu letusan Semeru yang diganti dengan plakat baja pada tahun 2002. Plakat baja inilah yang dijadikan obyek foto oleh para pendaki Semeru.
"Biarlah Semeru tetap indah tanpa plakat, dan janganlah meninggalkan jejak selain foto". 
"Kita sudah terlalu banyak melakukan dosa pada alam, plakat ini dicabut bukan untuk melupakan Gie dan Idhan, tapi untuk menghargai alam ini dan tetap menjaganya! Soe Hok Gie dan Idhan Lubis pun akan setuju dengan ini"
Idhat Lubis (kakak Idhan Lubis)  

Plakat Soe Hok Gie dan Idham Lubis dilepas oleh IGR disaksikan oleh Idhat Lubis, Alex Pitoyo, dan Erol Lantang. Idhat Lubis merupakan kakak kandung Idhan Lubis, Alex Pitoyo merupakan salah satu pendiri YEPE yang membantu evakuasi Gie dan Idhan, sementara Erol adalah putra kandung Herman Lantang (sahabat Gie dan Idhan yang berada di Semeru saat mereka meninggal).

You Might Also Like

1 comments

  1. yup.. dan para prajurit Indonesian Green Ranger (IGR) hari ini InsyaAllah sudah kembali ke Markas Besar.. Markas Komando di Cibodas dengan membawa Plakat tersebut... Informasi dari rekan saya anggota IGR

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA