Mahameru: Puncak abadi para dewa

Sunday, December 02, 2012

Khusus memberikan gambar-gambar cantik sepanjang perjalanan menuju puncak Mahameru. Berhubung belum pernah kesana, dan semoga segera diberi fisik yang kuat untuk bisa sampai ke atas puncak, ini gambar-gambar menarik diambil dari dokumentasi perjalanan adik OMDA saya
Bastiyan Khoirul Anam. Let's Enjoy!!
Ranu Kumbolo







Di buku "Soe Hok Gie, sekali lagi" ada sedikit tulisan dari Norman Edwin, anggota Mapala UI (M-116-UI) yang dimuat dari majalah Swara Alam tentang Mahameru. Diceritakan bahwa Gunung Semeru berasal dari India. Kala itu Pulau Jawa masih terombang-ambing oleh samudra, kedudukannya belum mantap di dunia ini. Batara Guru sang penguasa tunggal memerintahkan para dewa dan raksasa untuk memindahkan Mahameru di India sebagai pemberat agar pulau tersebut tidak terombang-ambing lagi.

Singkat cerita para dewa dan raksasa bergotong royong memindahkan gunung tersebut. Dewa wisnu menjelma menjadi kura-kura besar yang menggendong gunung tersebut, dewa Brahma mengubah dirinya menjadi ular yang panjang sekali lalu melilitnya agar bisa ditarik. Para dewa dan raksasa bergotong royong menariknya menuju ke tanah Jawa.

Mahameru kemudian diletakkan di barat pulau Jawa, tapi apa yang terjadi, bagian timur Pulau Jawa terjungkit ke atas. Kemudian mereka memindahkan gunung itu ke timur. Dalam perjalanan, beberapa bagian dari Mahameru tercecer dan kemudian menjadi gunung-gunung di sepanjang pulau Jawa. Akhirnya Mahameru berhasil diletakkan di Pulau Jawa sebelah timur, mantaplah letak Pulau Jawa sekarang.

Tetapi masalah eblumlah selesai karena ternyata gunung Mahameru tersebut miring ke arah utara, sehingga kemudian dipotong ujung gunung tersebut dan dipindahkan di barat laut dan diberi nama gunung Pawitra. Mahameru itu adalah gunung Semeru sedangkan Pawitra sekarang lebih dikenal dengan Gunung Pananggungan.


You Might Also Like

1 comments

  1. suka deh dengan foto ke 2 dan ke 4.. kayak di luar negri gitu.. hehe.. ayo za.. nabung dan bikin persiapan atau rencana buat kesana.. pengen juga soalnya ngedaki mahameru ..:)

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA