Pertanyaan Sidang

Wednesday, November 14, 2012

Kali ini bukan karena ada yang request atau bagaimana, tapi setelah pikir-pikir, rasanya g salah juga kalau di share. Hehehe..

Beginilah step-step sidang di departemen saya (Agronomi dan Hortikultura)..

Pertama-tama adalah presentasi, siapkan presentasi seminar sebaik mungkin. Kalau kemaren waktu seminar sudah diberi masukan, segera perbaiki dan jangan lupa latihan presentasi lagi.

Selesai presentasi langsung dilanjutkan tanya jawab. Step-step yang disarankan untuk diperhatikan adalah pelajari dengan cermat judul penelitian, latar belakang kenapa melakukan penelitian itu, alasan kamu menuliskan kesimpulan seperti itu. Contohnya seperti ini nih.. Judul penelitian saya adalah "The Influenced of Fertilizer Types and Decomposer on Organic Rice Farming", point-nya adalah Pupuk Organik dan Dekomposer maka pelajari keduanya sebanyak-banyaknya (tambah pengetahuan umum tentang kedua hal terseut). Selain itu, jangan lupakan komoditas dan sistem budidaya. Kalau punya saya ni komoditasnya padi, maka bagian-bagian padi (anatomi) harus dipelajari, dan karena Organik maka sejarah lahan, sumber air, dll harus diperhatikan.

Format TPI, rancangan percobaan, dan perhitungan SAS atau minitab sering dicek dan beberapa teman disuruh SAS ditempat.

Setelah tanya jawab selesai, kita dberi masukan banyak tentang pembahasan kita. Bagian yang kurang mana dan yang harus diperbaiki mana. Jangan takut salah karena peneliti boleh salah tapi tidak boleh bohong, tapi kalau salah jangan ngotot karena bisa berakibat mengulang sidang.

Jika dua jam berakhir, anda akan disuruh keluar sebentar untuk menunggu hasil diskusi antara dosen penguji. Selanjutnya akan dipanggil kembali untuk mengetahui hasil pengumuman lulus/tidak. dan akan diberi pesan-pesan moral oleh para dosen/penguji.

Belajar tetap wajib, sebisa mungkin sejak mulai penelitian sudah mulai bertanya-tanya sebab akibat dan melakukan studi pustaka. Setelah belajar, jangan lupa berdoa sebanyak-banyaknya dan setelah itu tawakkal. Pertanyaan sidang bisa sesuai dengan apa yang kita perkirakan ataupun tidak,. Jika tidak, jangan tegang dan tetap berpikir positif. Kita nggak bodoh kok (walaupun di dalam ruangan itu kita merasa paling bodoh), seenggaknya kita bisa menganalisis pertanyaan tersebut untuk memberi jawaban sebaik-baiknya.

that's all! Good Luck for your final Exam!

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA