Bukan Sekedar Penentuan Kelulusan

Thursday, November 08, 2012

Alhamdulillah.. Akhirnya bisa menyelesaikan tahap akhir dari rangkaian S1 (walaupun kalau kata orang, agak telat. Yah.., 4 tahun lebih 3 bulan aja kok..:)).

Memang belum resmi menyandang gelar Sarjana Pertanian (SP), karena SKL belum keluar (lebih tepatnya masih ngurusin revisian).

Hanya ingin berbagi, bukan tentang pertanyaan apa saja yang keluar waktu sidang (cz bener-bener unpredictable), tapi tentang sidang itu sendiri dan ya bisa dianggap saran-saran persiapan sidangnya sih..

Intinya dari sidang itu sebenernya kita diuji seberapa paham sih kita dengan apa yang kita tuliskan. Bukan hanya kepandaian untuk segera merespon pertanyaan dari penguji, tapi juga keberanian mempertahankan pendapat kita. Apa yang kita lakukan harus ada tanggung jawabnya, kenapa begitu dan kenapa begini.

Sikap-sikap itu nantinya bukan hanya berhenti di ruang sidang itu sendiri, tapi setelah kita menyandang gelar Sarjana. Kita harus yakin dengan apa yang kita lakukan, karena kalau nggak mampu meyakinkan diri sendiri bagaimana mungkin kita mampu meyakinkan orang lain.

Itu saja sih.. Selamat berjuang!!
Pertanyaan-nya apa saja? Hahaha, pelajari secara spesifik judul penelitianmu.

You Might Also Like

2 comments

  1. Alhamdulillah... :)
    tapi g kebagian kuota februari :(

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA