BNI Gelar Workshop Enterpreneurship untuk Mahasiswa IPB

Monday, July 02, 2012



Rabu siang (27/6), Common Class Room IPB Dramaga dipadati oleh para mahasiswa. Selidik punya selidik ternyata mereka adalah mahasiswa yang telah mendaftar menjadi peserta workshop Enterpreneurship yang diadakan oleh BNI 46. Mahasiswa cukup mengumpulkan Fotokopi KTM, foto dan CV ke BNI Dramaga untuk mendaftar menjadi peserta. Tidak tanggung-tanggung, BNI mentargetkan pesertanya mencapai 500 orang. Tentu saja acara ini sangat menarik, BNI mengundang orang-orang sukses untuk menjadi pembicara dalam acara ini. Sebut saja siapa yang tak kenal Kemal Arsjad, Andy Sjarif dan Billy Boen?

Acara dimulai pukul 14.00 WIB dengan pembicara pertama Kemal Arsjad. Beliau adalah Managing Director Lyn Film, Direktur Motion B, Managing Direktur Better B, dll. Saat ini beliau memimpin 8 perusahaan. Sebelum menyampaikan materinya, peserta diperlihatkan thriller film Garuda di Dadaku 2, Sang Penari, 5 Elang dan juga cuplikan iklan Nutrilon. Semuanya itu dikerjakan oleh Production House milik Kemal Arsjad. Kemal menceritakan awal mulanya terjun ke dunia bisnis, bagaimana mencari mitra kerja hingga saat-saat beliau mengalami kebangkrutan. Diakhir presentasinya beliau menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang hanya bisa diperoleh di organisasi dan tidak diajarkan di mata kuliah apapun, yaitu kemampuan manajerial dan presentation skill.

Pembicara kedua yang akan menyampaikan pengalamannya di dunia bisnis adalah Andy Sjarif. Beliau merupakan Presiden Direktur SITTI, semacam Google Inc.-nya Indonesia. Diawal presentasinya beliau memberikan pertanyaan kepada audience “Siapa yang ingin menjadi Kaya?”. Semua peserta mengacungkan jarinya. “Siapa yang ingin menolong orang banyak?”. Semua orang juga mengacungkan jari telunjuknya. “Anda ingin kaya atau ingin bisa menolong orang banyak dulu? Siapa yang ingin menolong orang banyak dulu angkat tangan?”. Sebagian peserta mengangkat tangannya. Wah, seharusnya anda menjadi kaya dulu baru menolong orang. Kemudian beliau memperkenalkan Nurbaya Initiative, sebuah lembaga yang bertujuan membantu UKM-UKM di Indonesia untuk mempromosikan produknya secara online. 

Billy  Boen menjadi pembicara terakhir dalam acara ini. Beliau merupakan penulis buku Young on Top yang menjadi best seller dan saat ini juga mengasuh acara Young on Top di Metro TV. Dalam presentasinya beliau menyampaikan bahwa langkah-langkah berpikir enterpreneur adalah mengetahui terlebih dahulu passion kita dimana, kemudian membuat mimpi besar dengan passion tersebut, mencari peluang industrinya, menentukan tujuan bisnis, analisis SWOT, menerapkan kolaborasi untuk mengcover kelemahan kita, dan selanjutnya lakukan. 

Acara berakhir pukul 18.00 dengan pembagian doorprize tabungan dari BNI dan  5 buku Young on Top dari Billy Boen. Sebelum peserta meninggalkan tempat, mereka berfoto bersama (Izza).

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA