Peran Citizen Journalist dalam Jurnalisme Modern

Sunday, July 01, 2012



          Citizen journalist atau dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai Jurnalisme warga sudah ada sejak dahulu. Salah satu contoh junalisme warga yang sederhana antara lain penggunaan kentongan saat terjadi pencurian dirumah warga untuk segera memberitahukan warga lainnya agar waspada. Kelebihan citizen journalist adalah kecepatan berita dan keakuratannya. Kecepatan berita menjadi penting sebab akan mempercepat proses pengambilan keputusan.
          Suatu peristiwa layak dikatakan sebagai berita apabila peristiwa tersebut penting bagi orang banyak, timeless, peristiwanya dekat dengan audience, menampilkan sesuatu yang tekenal (misalnya, makan malam yang dihadiri oleh Presiden RI. Makan malam bukanlah suatu berita, tapi kehadiran presiden RI-nya yang menjadi subjek berita), dan ada sisi human interest. Akan tetapi, suatu peristiwa meskipun layak menjadi berita, tetapi tidak secara otomatis peristiwa tersebut menjadi berita. Suatu berita harus layak cetak (mempertimbangkan nilai ekonomi) sehingga berita tersebut baru dikatakan sebagai sebuah berita.
          Kelemahan jurnalisme warga yang utama adalah masalah Hak Cipta, karena hasil yang dipublikasikan melalui media sendiri tersebut suka seenaknya digunakan orang lain (copy-paste). Meskipun begitu, citizen journalistik saat ini sangat mewarnai jurnalisme modern. Keberadaannya saling melengkapi proffesional journalistik dimana biasanya untuk peristiwa-peristiwa tertentu jurnalisme warga lebih cepat dan akurat dalam menyebarkan suatu peristiwa.
Peran serta citizen journalist dalam jurnalistik modern saat ini tentu saja tak lepas dari perkembangan teknologi dan informasi. Social network merupakan salah satu media bagi citizen journalist dalam menyampaikan informasinya. Kekuatan social network berada pada jaringan, yaitu dengan share, like dan link. Dengan memanfaatkan kekuatan tersebut, informasi dapat tersebar dalam hitungan detik (Izza).
         
         
         

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA