Drama kolosal, saeguk-nya Indonesia

Tuesday, June 05, 2012



Nyambung g sih judul itu? Nyambung g nyambung sih,.. hehe
orang-orang pada bertanya, kenapa sih suka drama jadul begitu? Aneh...
ya suka-suka dunk... (loh!!)

Drama kolosal alias drama jaman dulu, tentu g mudah membuat cerita seperti itu. Apalagi kalau drama itu ada sangkut-pautnya dengan sejarah, melenceng sedikit cerita, ada pihak yang protes nantinya (misal. Pihak yangsecara langsung masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan tokoh dalam sejarah yang kita angkat). Jadi untuk menyampaikan imajinasi harus berhati-hati. Selain itu, kita hidup di zaman modern. Tentu gambaran kita tentang masa lalu (berabad-abad yang lalu) itu tak tergambar jelas dalam benak kita, kita (ed. Sutradara) dituntut imajinasi untuk bisa menggambarkan setiap situasi dengan tepat.
Untuk dapat menemukan lokasi yang bisa menggambarkan situasi jaman dulu, tentu saja sulit (sebab semua tempat saat ini sudah disulap menjadi tempat modern). Jangan dikira pembuatan film untuk drama kolosal itu murah, bisa jadi menghabiskan banyak uang. Bayangkan saja, pakaian yang dipakai harus menyesuaikan, hiasan-hiasan aneh yang g ditemukan saat ini (kecuali di museum), apalagi yang berhubungan dengan perang-perang (pasti butuh jaminan keselamatan untuk para pemainnya juga kan...).
Meski begitu..., banyak hal yang menguntungkan dengan adanya drama kolosal ini, terutama jika menceritakan sejarah. Kita bisa tahu sedikit-sedikit gambaran sejarah masa lalu. Meski satu film g mungkin menceritakan banyak sudut pandang, tapi kalau dari masing-masing film menggambarkan sudut pandang tertentu, itu dapat memberikan gambaran.
Indonesia ni sebenernya sangat berpotensi banget untuk mengembangkan film kolosal dengan berbagai kebudayaan yang berbeda-beda untuk memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia (ini lho Indonesia, kebudayaannya banyak dan unik....). Hmm, aku ngebayangin betapa uniknya kalau jaman dulu terjadi pertemuan rapat besar antara kebudayaan yg berbeda-beda di Indonesia (suku jawa, sunda, trus pakaian adat kalimantan, sumatra, hmmm pasti unik).
Mempelajari sejarah adalah hal yang membosankan (ngantuk g sih kalau pelajaran sejarah di sekolah? Kalau aku sih, hampir selalu ngantuk... tapi sepanjang sejarahku sekolah, yang paling membuatku ngantuk ya pelajaran sejarah). Coba kalau film-film Indonesia mengupas cerita tentang sejarah (drama saeguk-nya Indonesia-lah...), pasti seru!! Sebab nonton film bisa membuat kita penasaran dengan tokoh yang ada di film itu lho..., trus memacu kita mencari tahu lebih dalam tentang tokoh tersebut dengan membaca buku (klo sekarang sih lebih ngetrend buat googling di dunia maya...).Dunia perfilm-an kita dikenal, budaya kita tak kalah tenar...

#pengakuan penggemar drama saeguk :)



You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA