"Kalau WAJIB berarti ada DOSA-nya dong kak.."

Monday, April 23, 2012


Begini nih ceritanya,..praktikum Kombis (komunikasi bisnis) minggu ini adalah tentang wawancara. Type-type wawancara kan ada 3, yaitu 
1. wawancara terstruktur, pertanyaan yang diajukan sudah sipersiapkan sebelumnya
2. wawancara terbuka, wawancara yang pertanyaannya dikembangkan dari jawaban interviewee atas pertanyaan sebelumnya
3. wawancara stress, si interviewer memberikan study kasus dan kondisi-kondisi menekan untuk melihat ekspresi, tindakan dan sikap orang yang kita wawancarai.
Nah, kami disuruh melakukan role playing dengan memilih type wawancara di atas untuk diperagakan didepan kelas. Nantinya, audience harus menebak wawancara yang kami lakukan.

Kami sudah menyusun skenario, saya sebagai tim formatur BEM K yang bertugas mewawancarai setiap calon pengurus. Type wawancara yang saya lakukan adalah type wawancara terbuka, otomatis saya harus memperhatikan jawaban orang yang saya wawancarai untuk bisa bertanya lebih lanjut. Yang berperan sebagai orang yang diwawancarai adalah Epa. Pertanyaan-pertanyaan mengalir begitu saja dari mulutku...
A: okey, selamat siang. Perkenalkan saya a***** dari tim formatur BEM K yang bertugas mewawancarai calon pengurus. bagaimana kabarnya? sudah siap wawancara?
B: iya, siap.
A: saya ingin tahu lebih mendetail tentang diri anda, bisa jelaskan deskripsi singkat kepribadian anda?
B: nama saya......., jurusan....., berpengalaman....
dst... dan saya g nyadar klo pertanyaan yang saya sampaikan untuk sebuah role playing terbilang cukup sulit. 
A: okey, saya kira cukup wawancara hari ini. Pengumuman aan kami sampaikan secepat mungkin, terimakasih atas kesediaan waktu anda.

lanjut....
ini cerita session 2-nya., wawancara type stress.
yang jadi pewawancara si mardi (ketua BEM K), ama (wakil BEM K) dan Putri (ketua PSDM periode sebelumnya), terjadilah pertanyaan-pertanyaan yang bikin skakk mad (loh!!!
P: bisa ceritakan deskrips diri anda?
E:nama saya.....dst
P: saya ingin tahu komitmen anda
E: komitmen saya 50%
A: kenapa 50%? sebagai ketua seharusnya anda mencurahkan sebagian besar waktu anda untuk BEM donk?
E: karena saya masih mahasiswa kak, masih banyak kuliah juga
M: oh, jadi anda menganggap sebagai ketua PSDM itu bukan tugas wajib?
E: klo wajib, berarti ada dosanya dong kak....dst
(gubrak!! si mardi yang udah pasang muka serius tiba2 ekspresinya berubah mendengar audience yang medadak ketawa juga. tapi si epa dengan muka polosnya diem ajha dengan tenang. si putri juga udah g tahan pengin ketawa. ama yang masih bisa menahan diri n terus ngwawancara. saya ma isti di layar belakang ikut ketawa... :)::),, konyolllll!!
Bukannya si interviewee yang jadi stres,, malah si sinterviewer jadi ketawa ngocol abis...
But, seru-lah. Dengan pasang muka yang profesional, audience memperhatikan, tiba-tiba muncul kekonyolan yang g diinginkan. Hahahaha..., intinya drama kita g jelek2 amat dong klo pada merhatiin semua :),ngarep...

Sewaktu di belakang:
E: pertanyaan si A susah...susah.."
A: hehe, maaf... udah bingung mau mancing pertanyaan lagi
P: ah, jangn lagi kak Epa jadi yang diwawancarai deh!
M: wah, ini nih...lagi ngasih pertanyaan serius kok malah..."

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA