Cikabayan

Saturday, January 21, 2012


Cikabayan merupakan lokasi favorit mahasiswa AGH, sebab sejak semeser 3 hingga semester 7 selalu ada praktikum disini. Selain itu, Cikabayan juga merupakan lokasi yang tak pandang bulu, baik D3 (PKS Sinar Mas) hingga S1 pun melakukan kegiatan praktikumnya disini.

CIKABAYAN ATAS
Kantor Cikatas
Pernah dengar merk teh "Cikatas" sewaktu kelas Pasca Panen? Merupakan produk unggulan dari kebun teh Cikabayan atas (Cikatas), hehehe... The limited production tea, hanya diproduksi setahun sekali di semester ganjil saja :)

Disebut Cikabayan atas karena lokasinya memang tinggi, jika dilanjutkan mengikuti arah jalan, akan ada tempat praktikum lagi yang disebut Cikabayan bawah.

Cikabayan atas spesifik untuk tanaman perkebunan seperti Kelapa Sawit, Kopi, Kakao, Teh, Karet, Kelapa, dan Jarak (Jatrhopa curcas). Praktikum yang dilaksanakan dilokasi ini antara lain Teknik Budidaya Tanaman (tekbud) pada semester 4Ilmu Tanaman Perkebunan (Iteper) pada semester 6 dan Tanaman Obat, Penyegar dan Aromatik (tabotik) bagi yang mengambil MK pilihan tersebut pada semester 7.

Dalam MK Teknik Budidaya Tanaman, kami melakukan praktik membuat teras yang luar biasa melelahkan sekali (karena muka kami memelas, akhirnya dibelikanlah kami semua minuman aqua gelas oleh pak ade). Menanam LCC (Legum Cover Crop) yang antara lain terdiri dari Calopogonium mucunoides, Pp dan Puerium javanicum (entahlah, lupa apa itu kepanjangan dari Pp). Membuat 3 lubang tanam sawit 90 x 90 x 90 secara manual dan ukurannya harus benar2 pas (haduh, kejam kali asisten praktikum itu, bahkan kami tak boleh pulang kalau lubang tanam yang kami buat tak sempurna). Menanam kelapa sawit dan kami harus mengangkatnya sendiri dari lokasi pembibitan yang cukup rumit (mendaki gunung lewati lembah, alias lokasinya bergelombang), alamak...tak tau betapa beratnya polibag berisi satu bibit tanaman sawit itu?. Kami juga belajar bagaimana menentukan elevasi suatu lokasi dengan menggunakan teodolite di lokasi kebun Jarak. Sepanjang sejarah di AGH, praktikum Tekbud adalah praktikum yang paling menyiksa :(

Kebun Karet tempat kami praktikum
Ilmu Tanaman Perkebunan mengajarkan kami pemeliharaan tanaman sawit dari TBM hingga TM. Jangan lupa, pemeliharaan itu meliputi pemupukan hingga pengendalian gulma sekalipun. Juga pembuatan teras bangku untuk masing-masing tanaman kelapa sawit. Selain itu, kami juga belajar tentang kelapa. Mulai dari pembibitan hingga penanaman. Karet jangan dilupakan juga, mulai dari penyadapan, okulasi bahkan penanaman stek-nya pun tak luput dilakukan.

CIKABAYAN BAWAH
Terdapat banyak green house dan biasa digunakan untuk penelitian. Selain itu, di sini terdapat kantor-kantor dan juga bibit tanaman-tanaman seperti kelengkeng, rambutan, berbagai jenis jeruk, dll.

Di semester 3 kami memperoleh praktikum PIT (Pengantar Ilmu Tanah) dan Dasgron (Dasar2 Agronomi) disini. Praktikum PIT yang rada gabut, kemudian praktikum Dasgron bagian pembibitan tanaman.

Lantai Jemur Cikabayan Bawah
Semester 4, kami memperoleh Dashorti alias dasar-dasar hortikultura yang juga dilaksanakan di Cikabayan Atas. Praktikum dashorti ini menanam sayuran mulai dari sayur daun hingga sayur yang diambil buahnya saja (ex. Terong dan cabe).

Semester 5, kami menanam kedelai dalam Praktikum periode kritis tanaman dan penguasaan sarana tumbuh MK Pengendalian Gulma. Hmm,, baru kali itu praktikum dimana kami kehilangan tanaman contoh karena kalah bersaing oleh gulma.
Green House

Semester 6, MK Pembiakan Tanaman berlangsung di lantai jemur dan ruangan yang terdapat disana dengan kursi yang masih khas, yakni kursi besi. Pembiakan Tanaman tak ubahnya seperti pembibitan, hanya saja dilakukan dari berbagai organ vegetatif tanaman. Yang paling jadi kenangan adalah ketika kami melakukan okulasi, dan kelompok kami (saya, tri, christ, fendry dan niken)berhasil semua hingga dipindahtanamkan ke polibag.


Tempat Praktikum PIT 
Keyword: Cikabayan, Elaeis guineensis, Cococ nucifera, Hevea brasiliensis, Camelia sinensis

You Might Also Like

2 comments

  1. hmm... sajiannya lengkap ya :)
    btw, nursery koq gak ada fotonya ya? :D

    ReplyDelete
  2. makasih :)
    hehe, usul bagus. nti klo main2 ke cikabayan lagi mw hunting foto lagi

    ReplyDelete

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA