Batang Pohon

Wednesday, January 18, 2012


Kalau tiba-tiba diajak ketemuan  di Batang Pohon, terlintas di pikiranmu "pohon yang mana?". Tapi jangan sampai kalimat itu terceletuk ketika kamu di ajak ngomong sama anak AGH (apalagi jika kamu anak AGH), sebab kamu bisa jadi bahan tertawaan mereka. Kok bisa? Makanya, kita harus tahu apa itu batang pohon yang dimaksud.

Batang Pohon adalah singkatan dari Bawah Tangga Pojok Himagron. Dari kepanjangannya pasti sudah tau maknanya. Begini deskripsi lokasinya, di batang pohon itu terdapat tiga meja-kursi yang saling menyatu yang dilengkapi pula dengan colokan alias stop kontak, sehingga lokasi ini nyaman dan cocok sekali untuk ngenet (hot spot-an) di kampus. Kalau malam, tempat ini cukup terang karena dipasang lampu neon tambahan. Disini juga anak-anak AGH suka berkumpul mengerjakan tugas kelompok, belajar,, rapat, atau sekedar mampir saja.

Kenapa tempat ini begitu unik dan ramai?

Entah bagaimana awal konsep-nya, atau mungkin sudah di desain sebegitu rupa. Batang pohon mulai ada baru sekitar 1,5 tahun (sekitar akhir 2009). Sebelum ada batang pohon, orang menyebut tempat itu hanya dengan sebutan "samping himagron", tempatnya kurang nyaman (karena kalau hujan selalu becek) dan jarang orang mau belajar kelompok di situ. Orang yang lalu lalang disitu bisa dipastikan adalah anggota himagron.

Poster Indigenous 45 di Mading himagron
Dulu, kesenjangan itu terasa antara anak AGH yang aktif sebagai pengurus himagron dengan anak AGH yang aktif di BEM, DPM ataupun FKRD (LK tingkat fakultas) karena aktivitas mereka di sekret masing-masing. Tapi semenjak ada batang pohon, kami sering diskusi atau bahkan sekedar main saja di batang pohon, intensitas pertemuan kami meningkat dan itu mampu mengurangi gap atau kesenjangan antara kami aktivis BEM, DPM, FKRD maupun Himagron sendiri.

Mahasiswa AGH sedang berdiskusi di Batang Pohon
Ada kerinduan ketika ke kampus tak melewati Batang Pohon, sekali ke kampus sempatkanlah ke batang pohon untuk melihat situasi wajah-wajah anak AGH dan rasanya sangat senang bila melihat mereka (walaupun tak kenal siapa dia, tapi dia AGH).

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA