Si Seppi-seppi itu...

Wednesday, November 02, 2011


Kisah tentang seppi-seppi itu yang sempat bikin heboh kawan-kawan diruang ujian GKA (Gedung Kuliah A) sewaktu ujian Perdu alias Pertanian Terpadu. Memang bener sih soal itu tak dinyana bakal keluar, orang g pernah diajarin. Tapi saya udah feeling, soalnya salah seorang dosen pernah bilang kalau harus bisa menghitung berdasarkan data-data yang diberi. Misalnya diberi tahu dalam 1 ha ada 135 pohon sawit, pelepahnya dalam setiap tanaman gugur 24 pelepah dlm satu tahun, lalu 1 pelepah bobotnya 20 kg (misalkan), terus kebutuhan makan 1 sapi dlm sehari 0,35% dr BB sapi (BB sapi 50 kg), berarti dalam 1 ha ada berapa sapi yang bisa ditampung???

Haha..tuh soal main logika banget. G teliti dikit satuannya (misalnya, hari ma tahun. Klo salah kan jumlah seppi-nya bisa berkali2 lipat dalam 1 ha). Hehe...tapi ni soal menantang abizzzzzzzzz.

Pas ujian itu saya lupa (bahkan g nyangka klo ada itungan) g bawa kalkulator, padahal ngitung jumlah protein itu angkanya harus dihitung per persentase bobot masing2 baru djumlahin... Kacau ni, manual klo sgini banyak angka kan ya keriting juga. Heum..heum.., mending klo dtas ada kalkulator, bawa juga enggak. Akhirnya mau g mau ya ngitung manual deh.... eh, pas ngitung manual dapet setengah jalan, ade disampingku (anak AGH 46 tuh...) udah beres, trus aku pinjem deh... Awalnya dia tuh noleh juga enggak, dikiranya bakal tak ajak diskusi kali ye... (tapi g lah..., sesulit apapun tuh soal aku g bakal diskusi ma orang. Lebih suka hasil kerjaan sendiri), setelah aku bilang kedua kalinya akhirnya dipinjemin... Hadow!!! Makasih banget de’... aku jadi bisa ngitung jumlah seppi-seppi itu. Ah, dasar seppi-seppi.... membuat otakku keriting ajha.

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA