Diri Kita,.. PRIBADI LUAR BIASA!!

Thursday, July 01, 2010

Mungkin pernah merasa minder, IP tidak memuaskan padahal sudah mati-matian belajar. Sedang disana, ada teman yang kalau kuliah lebih sering tidur, belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) atau bahkan SKSS alias Sistem Kebut Setelah Subuh tapi IP nya Cumlaude. Apa sih yang salah?
Sebenarnya tidak ada yang salah. Hanya kita melupakan satu hal, bahwa kita diciptakan Alloh dengan kemampuan yang berbeda-beda. Mungkin teman kita tadi dianugerahi kecerdasan berlebih sehingga tidur saat kuliah bukan merupakan hambatan untuk tetap menyerap informasi yang diterangkan oleh dosen. Inilah mengapa walaupun ia belajar SKS, tetap saja nilainya bagus. Karena sebenarnya proses menyerap informasinya yang berbeda. Orang lainmungkin menganggapnya tak belajar. Kelebihannya mungkin adalah kekurangan kita. Menyimak penjelasan dosen tak cukup member pemahaman tentang materi tersebut. Harus diulang berkali-kali bahkan harus belajar ditempat ayng benar-benar tenang untuk mendukung konsentrasi.
Di sisi lain, tanpa kita sadari kalau kita adalah penutur bahasa Arab yang fasih dan lancer sedangkan dia tak paham sedikitpun tentangnya. Sehingga, tatkala bertemu dengan orang Arab kita bisa langsung tahu apa yang dibicarakannya dan bahkan memberi bantuan jika orang tersebut membutuhkan. Dia, si teman kita akan melongo menyaksikan fenomena ini.
Mungkin juga kita diberi kemampuan menulis yang luar biasa, sehingga tak perlu menunggu waktu lama untuk memikirkan sebuah ide ketika akan menulis. Ketika ada ujian yang mengharuskan kita menuliskan gagasan kita, itu adalah suatu keuntungan kita.
Kurang lebih seperti itu. So,..jangan pernah menganggap remeh orang. Karena setiap orang punya kelebihan sendiri-sendiri. Dan jangan pula terlalu merendahkan diri jika kita tak mampu melakukan sesuatu hal, karena pasti ada suatu hal yang orang lain tak bisa melakukannya tetapi kita dapat melakukannya dengan perfect.
Intinya, jadilah orang yang berbeda.. maka kita dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Jangan jadi pelukis di komunitas pelukis, tapi jadilah penari di komunitas pelukis, niscaya kita akan memiliki nilai jual yang tinggi.
Jadilah diri sendiri, karena sesungguhnya diri kita adalah pribadi yang LUAR BIASA!!!

Note:
Aku mendapat dua pelajaran berharga tentang kemampuan seseorang:
1. Bahwa di dunia pendidikan tak ada manusia yang bodoh, yang ada adalah perbedaan waktu yang dibutuhkan setiap individu untuk menyerap informasi yang diberikan kepadanya dengan baik.
Ibuku selalu menekankan ini padaku, dan aku tahu bahwa ini adalah kata-kata semangat yang baik untuk menyemangati diri sendiri.
2. Untuk bisa dikenang orang, maka jadilah pribadi yang lain. Yang punya karakter khusus yang tak dimiliki orang lain.
Kurasa ini benar, karena kemampuan kita terbatas. Maka galilah kemampuan-kemampuan yang benar-benar tak dimiliki orang lain, dan itulah keahlian kita.

“Keep spirit tuk terus belajar dan berusaha!!!”
Ariezha_CX

You Might Also Like

0 comments

El Haq Boutique

Instagram

ARINAL NURRAHMA